Pemasaran
langsung dan pemasaran berdasarkan database
A.Pemasaran Langsung
1. Pengertian pemasaran langsung.
Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran – saluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran -saluran ini mencakup surat langsung, catalog, telemarketing, tv interaktif, situs internet, dan lain-lain. Pemasaran langsung merupakan salah satu cara yang tumbuh paling pesat untuk melayani pelanggan. Saat ini terdapat banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina hubungan jangka pendek dengan pelanggan.. mereka mengirim kartu ulang tahun, bahan – bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan tertentu. Para pemasar melakukan pemasaran langsung untuk meningkatkan produktivitas satuan penjualan. Selain itu perusahaan juga berupaya untuk menggantikan unit – unit penjualan berbasis pos dan telepon untuk mengurangi biaya penjualan lapangan.
2. Bentuk-Bentuk Pemasaran Langsung
Didalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti :
- Pemasaran tatap muka
- Pemasaran jarak jauh,
- Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
- Pemasaran melalui catalog (merupakan pemasaran langsung melalui catalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan (disediakan di took dan dipresentasikan secara online))
Pemasaran melalui televise yang menghasilkan tanggapan langsung.ü
3. Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung.
Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran-saluran yang digunakan untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang dijual oleh pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran-saluran ini mencakup :
a. Surat Langsung.
Pemasaran surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, alat pengingat, atau sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang sangatselektif, pemasar langsung mengirimkan jutaan paket pos setiap tahun, surat, selebaran, brosur dan wiraniaga terbang lainnya. Beberapa pemasar langsung mengirimkan kaset audio, kaset video, cd, dan bahkan disket computer kepada calon dan pelanggan.
Surat langsung merupakan satu medium yang popular karena surat langsung memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat dipersonalisasikan, luwes dan memungkinkan pengujian dini dan pengukuran tanggapan.
b. Pemasaran Katalog,
Dalam pemasaran catalog, perusahaan-perusahaan mungkin akan mengirimkan catalog dagangan lini lengkap, catalog konsumen untuk barang khusus, dan catalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetakan tetapi juga kadang-kadang CD, video, atau secara online. Keberhasilan bisnis catalog bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut mengelola daftar piutang macet, mengendalikan persediaan dengan hati-hati, menawarkan barang dagangan yang bermutu, dan memproyeksikan citra yang jelas.
c. Telemarketing
Telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon(call center) untuk menarik calon pelanggan, menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan dan menjawab pertanyaan. Telemarketing membantu perusahaan – perusahaan menaikan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Terdapat empat jenis telemarketing, seperti :
1. Tele-penjualan (telesales),
2. Tele-jangkauan (telecoverage),
3. Teleprospekting (teleprospecting),
4. Layanan pelanggan dan dukungan teknis.
5. Manfaat Pemasaran Langsung.
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
- Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
- Menghemat waktu
1. Pengertian pemasaran langsung.
Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran – saluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran -saluran ini mencakup surat langsung, catalog, telemarketing, tv interaktif, situs internet, dan lain-lain. Pemasaran langsung merupakan salah satu cara yang tumbuh paling pesat untuk melayani pelanggan. Saat ini terdapat banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina hubungan jangka pendek dengan pelanggan.. mereka mengirim kartu ulang tahun, bahan – bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan tertentu. Para pemasar melakukan pemasaran langsung untuk meningkatkan produktivitas satuan penjualan. Selain itu perusahaan juga berupaya untuk menggantikan unit – unit penjualan berbasis pos dan telepon untuk mengurangi biaya penjualan lapangan.
2. Bentuk-Bentuk Pemasaran Langsung
Didalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti :
- Pemasaran tatap muka
- Pemasaran jarak jauh,
- Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
- Pemasaran melalui catalog (merupakan pemasaran langsung melalui catalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan (disediakan di took dan dipresentasikan secara online))
Pemasaran melalui televise yang menghasilkan tanggapan langsung.ü
3. Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung.
Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran-saluran yang digunakan untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang dijual oleh pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran-saluran ini mencakup :
a. Surat Langsung.
Pemasaran surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, alat pengingat, atau sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang sangatselektif, pemasar langsung mengirimkan jutaan paket pos setiap tahun, surat, selebaran, brosur dan wiraniaga terbang lainnya. Beberapa pemasar langsung mengirimkan kaset audio, kaset video, cd, dan bahkan disket computer kepada calon dan pelanggan.
Surat langsung merupakan satu medium yang popular karena surat langsung memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat dipersonalisasikan, luwes dan memungkinkan pengujian dini dan pengukuran tanggapan.
b. Pemasaran Katalog,
Dalam pemasaran catalog, perusahaan-perusahaan mungkin akan mengirimkan catalog dagangan lini lengkap, catalog konsumen untuk barang khusus, dan catalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetakan tetapi juga kadang-kadang CD, video, atau secara online. Keberhasilan bisnis catalog bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut mengelola daftar piutang macet, mengendalikan persediaan dengan hati-hati, menawarkan barang dagangan yang bermutu, dan memproyeksikan citra yang jelas.
c. Telemarketing
Telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon(call center) untuk menarik calon pelanggan, menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan dan menjawab pertanyaan. Telemarketing membantu perusahaan – perusahaan menaikan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Terdapat empat jenis telemarketing, seperti :
1. Tele-penjualan (telesales),
2. Tele-jangkauan (telecoverage),
3. Teleprospekting (teleprospecting),
4. Layanan pelanggan dan dukungan teknis.
5. Manfaat Pemasaran Langsung.
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
- Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
- Menghemat waktu
-Pemilihan barang dagangan yang lebih banyak,
-Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
-Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
-Dapat memesan barang dengan mudah
- Interaktif dan segera
Pemasaran langsung juga memberikan manfaan untuk penjual seperti:
a. Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi,
b. Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
c. Medium global,
d. Fleksibel,
e. Pemasar langsung dapat membeli daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal, orang yang kegemukan, serta jutawan),
f. Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan,
g. Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan.
5. Masalah Umum dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung
Dalam pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati hubungan yang saling menguntungkan
- Interaktif dan segera
Pemasaran langsung juga memberikan manfaan untuk penjual seperti:
a. Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi,
b. Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
c. Medium global,
d. Fleksibel,
e. Pemasar langsung dapat membeli daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal, orang yang kegemukan, serta jutawan),
f. Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan,
g. Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan.
5. Masalah Umum dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung
Dalam pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati hubungan yang saling menguntungkan
PEMASARAN
BERDASARKAN DATABASE
Akhirnya, kita
perlu memperkenalkan praktek pemasaran berdasarkan database. Pemasaran
berdasarkan database meliputi pengumpulan dan penyimpanan informasi secara
elektronik (di dalam database) mengenai para pelanggan, saat ini, yang lalu dan
yang akan datang (calon pelanggan). Database khusus meliputi rincian pembelian
masa lalu pelanggan (data ”buyografik”) dan jenis-jenis informasi relevan
lainnya (data demografi, geografi, dan psikografi). Informasi tersebut digunakan
untuk membuat profil para pelanggan dan untuk mengembangkan program pemasaran
yang efektif dan efisien dengan berkomunikasi dengan para pelanggan individual
dan mengadakan hubungan komunikasi jangka panjang.
Meskipun pemasaran database dan pemasaran langsung tidak sama, semakin
canggihnya pemasaran database mendorong semakin banyak digunakan dan semakin
efektifnya pemasaran langsung. Lebih dari itu, para pemasar tidak langsung juga
telah meningkatkan penerapan pemasaran database.
Secara sederhana pemasaran database mencakup pengumpulan semua kontak
perusahaan dan menyusunnya menjadi suatu database yang berisikan semua
informasi yang diperlukan mengenai setiap pelanggan atau calon pelanggan.
Kebanyakan perusahaan memiliki jaringan informasi pelanggan, paling tidak
pelanggan langsung. Dalam dunia bisnis, kita harus mempunyai rincian tentang
apa yang dibeli pelanggan, kapan, dan berapa harganya. Dengan adanya perangkat
lunak (software) yang baik dan sesuai, tidaklah sulit untuk membuat
preferensi jenis produk, dan untuk mengidentifikasi pola pesanan dari informasi
ini.
PERAN DATABASE
Pengiriman surat langsung yang berhasil mengharuskan
adanya database di komputer. Alamat-alamat yang terdapat di database tersebut
harus masih aktif sehingga dapat dihubungi (addresability). Database
memungkinkan kontak dengan para pelanggan yang ada sekarang atau calon
pelanggan yang dapat diakses. Dibandingkan dengan periklanan siaran, periklanan database tidak
berhubungan dengan para pelanggan sebagai suatu massa tetapi menciptakan hubungan individual
dengan masing-masing pelanggan atau calon pelanggan.
Memberikan
nilai suatu pelanggan atau calon pelanggan