Pemasaran langsung dan pemasaran berdasarkan database

 Pemasaran langsung dan pemasaran berdasarkan database
A.Pemasaran Langsung
1.    Pengertian pemasaran langsung.
Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran – saluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran -saluran ini mencakup surat langsung, catalog, telemarketing, tv interaktif, situs internet, dan lain-lain. Pemasaran langsung merupakan salah satu cara yang tumbuh paling pesat untuk melayani pelanggan. Saat ini terdapat banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina hubungan jangka pendek dengan pelanggan.. mereka mengirim kartu ulang tahun, bahan – bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan tertentu.
 Para pemasar melakukan pemasaran langsung untuk meningkatkan produktivitas satuan penjualan. Selain itu perusahaan juga berupaya untuk menggantikan unit – unit penjualan berbasis pos dan telepon untuk mengurangi biaya penjualan lapangan.
2.    Bentuk-Bentuk Pemasaran Langsung
Didalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti :
    
- Pemasaran tatap muka
  
-  Pemasaran jarak jauh,
  
-  Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
  
-  Pemasaran melalui catalog (merupakan pemasaran langsung melalui catalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan (disediakan di took dan dipresentasikan secara online))
    Pemasaran melalui televise yang menghasilkan tanggapan langsung.
ü
3.    Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung.
Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran-saluran yang digunakan untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang dijual oleh pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran-saluran ini mencakup :
a.    Surat Langsung.
Pemasaran surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, alat pengingat, atau sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang sangatselektif, pemasar langsung mengirimkan jutaan paket pos setiap tahun, surat, selebaran, brosur dan wiraniaga terbang lainnya. Beberapa pemasar langsung mengirimkan kaset audio, kaset video, cd, dan bahkan disket computer kepada calon dan pelanggan.
Surat langsung merupakan satu medium yang popular karena surat langsung memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat dipersonalisasikan, luwes dan memungkinkan pengujian dini dan pengukuran tanggapan.
b.    Pemasaran Katalog,
Dalam pemasaran catalog, perusahaan-perusahaan mungkin akan mengirimkan catalog dagangan lini lengkap, catalog konsumen untuk barang khusus, dan catalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetakan tetapi juga kadang-kadang CD, video, atau secara online. Keberhasilan bisnis catalog bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut mengelola daftar piutang macet, mengendalikan persediaan dengan hati-hati, menawarkan barang dagangan yang bermutu, dan memproyeksikan citra yang jelas.
c.    Telemarketing
Telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon(call center) untuk menarik calon pelanggan, menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan dan menjawab pertanyaan. Telemarketing membantu perusahaan – perusahaan menaikan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
 Terdapat empat jenis telemarketing, seperti :
1.    Tele-penjualan (telesales),
2.    Tele-jangkauan (telecoverage),
3.    Teleprospekting (teleprospecting),
4.    Layanan pelanggan dan dukungan teknis.
5.    Manfaat Pemasaran Langsung.
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
  -  Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
   - Menghemat waktu
    -Pemilihan barang dagangan yang lebih banyak,
     -Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
    -Dapat memesan barang dengan mudah
   - Interaktif dan segera
Pemasaran langsung juga memberikan manfaan untuk penjual seperti:
a.    Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi,
b.    Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada          saat yang paling tepat.
c.    Medium global,
d.    Fleksibel,
e.     Pemasar langsung dapat membeli daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal, orang yang kegemukan, serta jutawan),
f.    Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan,
g.    Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan.
5.    Masalah Umum dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung
Dalam pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati hubungan yang saling menguntungkan
PEMASARAN BERDASARKAN DATABASE
Akhirnya, kita perlu memperkenalkan praktek pemasaran berdasarkan database. Pemasaran berdasarkan database meliputi pengumpulan dan penyimpanan informasi secara elektronik (di dalam database) mengenai para pelanggan, saat ini, yang lalu dan yang akan datang (calon pelanggan). Database khusus meliputi rincian pembelian masa lalu pelanggan (data ”buyografik”) dan jenis-jenis informasi relevan lainnya (data demografi, geografi, dan psikografi). Informasi tersebut digunakan untuk membuat profil para pelanggan dan untuk mengembangkan program pemasaran yang efektif dan efisien dengan berkomunikasi dengan para pelanggan individual dan mengadakan hubungan komunikasi jangka panjang.
Meskipun pemasaran database dan pemasaran langsung tidak sama, semakin canggihnya pemasaran database mendorong semakin banyak digunakan dan semakin efektifnya pemasaran langsung. Lebih dari itu, para pemasar tidak langsung juga telah meningkatkan penerapan pemasaran database.
Secara sederhana pemasaran database mencakup pengumpulan semua kontak perusahaan dan menyusunnya menjadi suatu database yang berisikan semua informasi yang diperlukan mengenai setiap pelanggan atau calon pelanggan.
Kebanyakan perusahaan memiliki jaringan informasi pelanggan, paling tidak pelanggan langsung. Dalam dunia bisnis, kita harus mempunyai rincian tentang apa yang dibeli pelanggan, kapan, dan berapa harganya. Dengan adanya perangkat lunak (software) yang baik dan sesuai, tidaklah sulit untuk membuat preferensi jenis produk, dan untuk mengidentifikasi pola pesanan dari informasi ini.
PERAN DATABASE
Pengiriman surat langsung yang berhasil mengharuskan adanya database di komputer. Alamat-alamat yang terdapat di database tersebut harus masih aktif sehingga dapat dihubungi (addresability). Database memungkinkan kontak dengan para pelanggan yang ada sekarang atau calon pelanggan yang dapat diakses. Dibandingkan dengan  periklanan siaran, periklanan database tidak berhubungan dengan para pelanggan sebagai suatu massa tetapi menciptakan hubungan individual dengan masing-masing pelanggan atau calon pelanggan.
Database yang mutakhir (up-to-date) merupakan aset dan memberikan keuntungan bagi perusahaan-perusahaan dalam hal:
1.    Mengupayakan periklanan pemasaran langsung kepada orang-orang yang merupakan prospek terbaik untuk penawaran.
2.    Menawarkan berbagai pesan kepada kelompok pelanggan yang berbeda.
3.    Menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan.
4.    Meningkatkan produktivitas komunikasi pemasaran.
Memberikan nilai suatu pelanggan atau calon pelanggan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

keterangan