Pengertian dan Fungsi Pendidikan.
Manusia memiliki sejumlah
kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman. pengalaman itu terjadi
karena interaksi manusia dengan lingkungannya, baik lingkungan sosial manusia
secara efisien dan efektif itulah yang disebut pendidikan. latar tempat berlangsungnya
pendidikan disebut lingkungan pendidikan(keluarga, sekolah, dan masyarakat)
Semakin bertambah usia seorang, peranan lingkungan pendidikan
lainnya (sekolah n masyarakat) semakin penting meskipun pengaruh keluarga masih
tetap beranjut. berdsarkan perbedaan ciri-ciri penyelenggaraan pendidikan pada
ketiga lingkungan itu, maka ketiganya sering dibedakan sebagai pendidikan
informal, formal, dan nonformal. pendidikan yang terjadi pd keluarga
berlangsung secara alamiah dan wajar serta disebut pendidikan informal.
Sebaliknya sedangkan pendidikan sekolah dirancang dan
dilaksanakan dengan aturan -aturan yg ketat, sperti harus berjenjang dan
berkesinambungan, sehingga disebut pendidikan formal. sedangkan pendidikan di
lingkungan masyarakat tdk dipersiapkan berjenjang dan berkesinambungan, serta
dengan aturan-aturan yang longgar sehingga disebut pendidikan nonformal.
Pendidikan informal, formal, dan nonformal itu sering disebut
dipandang sebagai subsistem dari sistem pendidikan, serta bersama-sama
menjadikan pendidikan berlangsung seumur umum.Sisdiknas membedakan dua jalur
pendidikan , yakni jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah. jalur pendidikan
luar sekolah adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolh, sedangkan luar
sekolah adlh pendidikan yang dilaksanakan di luar sekolah melalui kegiatan 2
belajar-mengajar yg harus berjenjang n berkesinambungan, baik dilembagakan
maupun tdk, yg meliputi pendidikn keluarga, pendidkn prasekolah.
secara umum fungsi lingkungan pendidkan adalah membantu peserta
didik dalm berinteraksi dengan berbagai lingkungan di sekitarnya (fisik,
sosial, dan budaya), utmanya berbagai sumber daya pendidikan yang optimal.
Selain itu pross pendidikan jg berfungsi untuk mengajarkan
tingkah laku umum dan untuk menyeleksi/mempersiapkan individu untuk peranan
tertentu. sehubungan dari funsi kedua ini, pendidikan berfungsi untuk
mengajarkan berbagai macam keterampilan dan keahlian. meskipun pendidikan
informal juga berperan melaksanakan kedua fungsi terbats, tetapi sangat
terbatas, khususnya dilaksanakan oleh masyarakat yg masih primitif.
Pendidikan formal berfungsi untuk mengadakan pengetahuan umum dan pengetahuan yg
bersifat khusus dalam rangka mempersiapkan untuk pekerjaan pekerjaan
tertentu.
Pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui 3 kegiatan yaitu,
membimbing (terutama berkaitan dengan pemantapan jati diri dan pribadi dari
segi-segi perilaku umum atau aspek pembudayaan), mengajar (terutama berkaitan
dengan penguasaan ilmu pengetahuan), dan melatih (teruma berkaitan dengan
keterampilan dan kemahiran dalm aspek teknologi).
B. tripusat pendidikan
pada masyarakat sederhana dengan struktur sosial yang belum
kompleks, cakrawala anak sebagian bsar dibatasi oleh keluarga. pada masyarakat
tersebut keluarga mempunyai 2 fungsi, yaitu fungsi produksi dan fungsi
konsumsi. kedua funsi ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap anak
anak.
1. keluarga
keluarga merupakan pengelompokan primer yang terdiri dari
sejumlah kecil orang karena hubungan semenda dan sedarah.
2 sekolah
peningkatan fungsi sekolah
- Pengajaran
yang mendidik, yakni pengajaran yang secara serentak memberi peluang
pencapaian tujuan instruksional bidang studi dan tujuan-tujuan umum
pendidikan lainnya.
- Peningkatan
dan pemantapan pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan (BP) di
sekolah , agar program edukatif ini tidak sekadar suplemen tetapi
menjadi komplemen yang setara dengan program pengajaran serta program
lainnya di sekolah.
- Pengembangan
perpustakaan sekolah menjadi suatu pusat sumber belajar.
- Peningkatan
dan pemantapan program pengelolaan sekolah, khususnya yg terkait dengan
peserta didik, pengelola sekolah sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan
seharusnya merupakan refleksi dari suatu masyarakat pancasilais
sebagaimana yang dicitacitakan dalam tujuan nasional.
3. masyarakat
- Masyarakat
sebagai penyelenggaran pendidikan, baik yang dilembagakan (jalur sekolah
dan luar skull) maupun yg tidak dilembagakan.
- Lembaga-lembaga
kemasyarakatan dan atau klp sosial di masyarakat, baik langsung maupun tak
langsung mempunyai peran dan fungsi edukatif.
- Dalam
masyarakat tersedia berbagai sumber blajar, baik yg dirancang maupun yg
dimanfaatkan
C. pengaruh timbal balik antara tri pusat pendidikan terhadap
perkembangan peserta didik.
pusat pendidikan dapat berpeluang memberi kontribusi yg besar
dalam kegiatan pendidikan
- Pembimbingan
dalam upaya pemantapan pribadi yg berbudaya
- Pengajaran
dalam upaya penguasaan pengetahuan.
- Pengetahua
dalam upaya pemahiran ketermapilan.
