INILAH CARANYA UNTUK MENETUKAN HARGA DARI BATU AKIK




batu akik yang saat ini tengah diminati masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, dijual dengan harga yang beragam jenis.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) R. Sukhyar mengungkapkan ada 4 hal yang menentukan pembentukan harga dari batu akik.

Pembentukan harga pertama ialah berdasarkan warna (berwarna atau tidak  berwarna). Pembentukan harga kedua ialah tingkat Kejernihannya (clarity).
Derajat batu tidak ada cacat atau pengotor," kata Sukhyar di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Sedangkan pembentukan harga ketiga ialah potongan atau gosokan  (cut), berupa proporsi potongan atau pembuatan. Pembentukan berikutnya ialah berat yang kemudian menentukan ukuran.

Sukhyar menuturkan, batu akik (Gemstones) adalah segala jenis batuan, mineral dan bahan alam lainnya termasuk beberapa jenis bahan organik yang setelah diproses dengan sentuhan teknologi memiliki keindahan dan ketahanan yang mencukupi untuk dijadikan sebagai batu permata

"Secara universal batu akik telah menjadi simbol kekayaan, status dan kekuasaan disamping simbol keagamaan dan pergaulan," ujarnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

keterangan